Presiden: Ekonomi RI Ramah Lingkungan


Headline
"Saya sangat percaya tidak ada kontradiksi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan kewajiban untuk melindungi lingkungan hidup," kata Presiden ketika berbicara sebagai panelis dalam forum diskusi redefinisi pembangunan berkelanjutan di World Economic Forum (WEF) seperti dikutip dari Antara di Davos, Swiss, Jumat (28/1).

 

Presiden menyatakan kebijakan dasar pemerintah Indonesia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga negaranya melalui pertumbuhan ekonomi sekaligus melindungi hutan tropis Indonesia.

Bagi Indonesia, lanjut Presiden, pembangunan berkelanjutan dipandang melalui konteks yang lebih luas dengan cara mengembangkan kapasitas untuk pertumbuhan ekonomi sekaligus menyusun kebijakan untuk pembangunan yang ramah terhadap lingkungan.

Kepala Negara mengatakan, Indonesia memang harus memperbaiki kesejahteraan masyarakat sesuai dengan target yang ingin dicapai dalam Millenium Developement Goals (MDG) dengan cara mengurangi kemiskinan yang melalui pembangunan bersifat inklusif sehingga bisa menciptakan keadilan dan pemberdayaan bagi seluruh warga negara.

Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, jelas Presiden, adalah dengan menyediakan akses kredit mikro yang baik kepada para pelaku usaha kecil dan menengah serta membuat jaring pengamanan sosial untuk memberikan kesempatan hidup yang lebih baik kepada kaum yang membutuhkan.

sumber : www.inilah.com
Previous
Next Post »