Jenis-Jenis Hamster Serta Perilakunya

Selamat Malam sobat selamat siang kalo bacanya siang hahaha... Nah pada postingan kali ini agak jauh berbeda dengan postingan sebelumnya nih. Kali ini kita akan membahas tentang hamster ... Cukucuk hamtaro bernyanyi .. apaan sih ahaha ... Bagi sobat yang sudah memiliki tekad untuk memelihara hamster tetapi justru bingung dengan jenis hamster yang baik dipelihara
maka ini artikel yang tepat untuk anda baca. 


Hamster tergolong kepada ordo rodentia atau hewan pengerat, memiliki kekerabatan dekat dengan tikus. Jangan jijik dulu. Hewan kecil ini comel dan tidak sekotor tikus. Hamster adalah binatang nocturnal atau bahasa kerennya aktif di malam hari. Malam hari digunakan untuk mencari makanan, berkembang biak dan bermain. 
Setiap jenis hamster memiliki kepribadian yang unik dan memiliki sifat yang berbeda masing-masingnya. Teori yang ditulis dalam artikel ini agak berbeda dengan pendapat orang lain.

Di Indonesia saat ini terdapat 6 jenis hamster yang saya ketahui, yaitu: 
1. Hamster Syrian
2. Hamster Campbell
3. Hamster Winter White
4. Hamster Roborovski
5. Hamster Hybrid
6. Hamster Albino


Hamster Syrian
Hamster Syrian memiliki sebutan lian yaitu hamster lokal dan giant hamster. Dikatakan hamster lokal karena asalnya dari Indonesia. Disebut giant hamster karena ukuran tubuhnya memang paling besar dari segala jenis hamster. 
Kelebihan dari hamster syrian ini adalah karena hamster ini berukuran besar dan gerakannya lambat dibanding hamster lain, mudah dipeang dan mudah dijinkkan sehingga cocok untuk anak-anak. Hamster ini juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki corak warna. Kelebihan lainnya adalah hamster ini satu-satunya yang memiliki jenis bulu yang panjang. Hamster jenis ini memiliki sifat soliter atau penyendiri. Jadi bagi anda yang hanya ingin membeli hamster 1 ekor saja maka pilihan yang tepat adalah hamster ini tanpa takut dia akan kesepian.
 
Kekurangan dari hamster ini adalah kurang populer lagi di Indonesia, namun hamster ini populer di luar negeri untuk hamster show. Kekurangan lainny adalah pengeluaran yang lebih besar untuk kandang, makanan dan serbuk kayu karena ukurannya yang memerlukan segala sesuatu yang besar.
Berikut karakteristiknya :

  • Nama Latin : Critetinae mesocricetus-auratus 
    Tidak menggigit
    Ukuran dewasanya rata-rata 12-20 cm
    Masa hamil rata-rata 15-20 hari
    Batas umur rata-rata 1,5-3 tahun 
    Umur siap kawin relatif cepat 2-3 bulan
    Mudah dijinakkan
    Soliter atau penyendiri

Hamster Campbell

Hamster Campbell adalah hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu, karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang 'lebih berani' dibandingkan dengan jenis hamster yang lain. Untuk saat ini hamster campbell masih menyandang sebutan sebagai 'hamster galak' karena sering menggigit tangan kita, tapi saya yakin dengan perlakuan lembut dan usaha untuk menanamkan kepercayaan, hamster campbell ini bisa menjadi jinak dan teman yang sangat menyenangkan.


Kelebihan hamster campbell adalah memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga anda dapat memilih banyak pilihan. Hamster ini terbilang pandai untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan bagi anda untuk menjinakan hamster campbell yang selama ini dikenal galak.
Kekurangan hamster campbell adalah karena banyaknya hamster campbell yang 'salah asuh' dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok untuk anak kecil dan orang yang tidak rela terkena gigitannya.

hamster ini sering diternakan secara massal sehingga kualitasnya banyak yang menurun, sama seperti hamster syrian.

Berikut Karakteristiknya :
  • Nama latin : Cricetinae phodopus sungorus campbell 
  • Suka menggigit 
  • Ukuran dewasa rata-rata 9-15 cm
  • Masa hamil rata-rata kurang dari 20 hari
  • Batas umur 2.2-5 tahun
  • Umur siap kawin 2-3 bulan
  • Berkoloni


Hamster Winter White 

Hamster winter white ini memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tetapi ada perbedaan ciri fisik dengan hamster campbell.

Hamster winter white dewasa ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan hamster campbell dan umumnya hanya memiliki 3 jenis variasi warna yaitu: normal, sapphire dan pearl.

Karakter hamster jenis ini lebih tenang dan banyak juga yang penakut, dan kalau jinak hamster ini senang memanjat ke tangan manusia.


Kelebihan hamster winter white ini yaitu lebih jinak dibanding dengan jenis hamster yang lain, dan hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di suhu yang normal



Kekurangan hamster winter white ini yaitu lebih malas dibandingkan dengan hamster jenis yang lain dan lebih banyak mengabiskan waktunya untuk tidur daripada untuk bermain. Hamster winter white ini ada juga yang galak dan suka menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya menggigit lebih keras daripada hamster campbell dan sering tidak mau melepaskan gigitannya, berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.
Berikut Karakteristiknya :
  • Nama latin: Phodopus sungorus sungorus
  • Pemalas
  • Ada yang suka menggigit dan ada yang tidak
  • Ukuran dewasanya rata-rata mencapai 9-12 cm
  • Masa kehamilan hamster winter white rata-rata 15-21 hari
  • Batas umur rata-rata 2-2,5 tahun (bila dirawat dengan baik)
  • Umur siap kawin tergolong lama (4-5bulan)
  • Berkoloni (hidup berkelompok)
Hamster Roborovski 



Hamster roborovski merupakan hamster yang paling kecil diantara jenis hamster lainnya.

Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat dan cemderung lebih takut kepada manusia dibanding dengan jenis yang lain.


Hamster roborovski umumnya hanya mempunyai 2 variasi warna yaitu: normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dan bagian perut putih.


Kelebihan hamster roborovski yaitu salah satu hamster yang paling digemari juga ukurannya yang paling kecil dan  mukanya yang paling berbeda dibanding dengan jenis hamster yang lain, lincah dan suka bermain.


Kekurangan hamster roborovski yaitu sulit dipegang karna biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia, terlalu kecil untuk di genggam dengan nyaman, sifatnya terlalu penakut

Berikut Karakteristiknya : 
  • Nama Latin: Cricetinae phodopus roborovskii
  • Lincah dan suka berlari
  • Tidak menggigit
  • Sulit untuk dijinakkan
  • Ukuran dewasanya rata-rata mencapai 4-5 cm
  • Masa kehamilan hamster roborovski rata-rata 20-30 hari
  • Batas hidup rata-rata 2-4 tahun (bila dirawat dengan benar)
  • Umur siap kawin tergolong lama (7-8bulan)
  • Berkoloni (hidup berkelompok)



Hamster Hybrid 

Yang dimaksud dengan hamster hybrid adalah hamster yang lahir dari hasil persilangan antara hamster campbell dengan hamster winter white. Hamster ini tidak boleh mengikuti show dan biasanya hanya beredar di kalangan hobits yang suka mengumpulkan jenis-jenis hamster.


Saat ini di Indonesia sendiri hamster hybrid di jual dengan harga yang mahal karena dianggap sulit di hasilkan, tapi ini hanya mitos. Jika anda mengetahui induk dari hamster hybrid ini, anda akan mendapat menghasilkan hamster hybrid dengan mudah. Tapi menurut info yang saya ketahui, hal ini sangat tidak di anjurkan karena dapat merusak genetika hamster yang bersangkutan.


Hamster hybrid rata-rata mengambil bentuk seperti winter white. Oleh karena itu banyak yang mengakategorikan hamster ini sebagai winter white, jika anda tidak berminat unuk memilih hamster hybrid dan anda harus berhati-hati ketika ingin memilih hamster terutama untuk jenis winter white.


Kelebihan hamster hybrid yaitu sifatnya hampir sama seperti hamster winter white.


Kekurangan hamster hybrid yaitu dari beberapa catatan, hamster hybrid lebih rawan terkena penyakit seperti tumor dan diabetes.

 
Source : Sekilas Info




Previous
Next Post »